OUTLINE PENELITIAN
1.       Judul
Korelasi Penerapan Metode Penemuan Oleh Guru Sejarah Dalam Proses Belajar Mengajar Dalam Prestasi Belajar Siswa Kelas I di SMP Thunas Bhakti Pontianak
2.       Masalah
Bagaimana korelasi penerapan metode penemuan oleh guru sejarah dalam proses belajar mengajar siswa kelas I di SMP Thunas Bhakti Pontianak
3.       Sub Masalah
a.    Bagaimanakah penerapan metode penemuan oleh guru sejarah dalam proses belajar mengajar di SMP Thunas Bhakti Pontianak?
b.    Bagaimanakah prestasi belajar siswa kelas I di SMP Thunas Bhakti Pontianak?
c.     Apakah ada korelasi antara penerapan metode penemuan oleh guru sejarah dalam proses belajar mengajar dalam prestasi belajar siswa kelas I di SMP Thunas Bhakti Pontianak?
4.       Variabel Penelitian
Adapun variabel dalam penelitian ini adalah :
a.    Variabel Bebas
Penerapan metode penemuan oleh guru sejarah dengan aspek :
1)    Pengorganisasian siswa dalam pembelajaran oleh guru sejarah
2)    Cara guru sejarah menentukan jenis tugas dengan metode penemuan
3)    Langkah-langkah pelaksanaan metode penemuan
b.    Variabel Terikat
Prestasi belajar siswa berupa nilai ulangan umum mata pelajaran sejarah kelas I semester genap tahun 2012/2013 di SMP Thunas Bhakti Pontianak.
5.       Analisis Data
Mencari korelasi antara variabel bebas dengan veriabel terikat menggunakan formula produc moment sebagai berikut :
Keterangan :

=



          : Koefisien korelasi
           : Jumlah skor variabel x
           : Jumlah skor variabel y
        : Jumlah kuadrat skor variabel x
        : Jumlah kuadrat skor variabel y
n                             : Jumlah populasi/sampel





Di setujui oleh
Ketua Prodi Sejarah
STKIP-PGRI pontianak

Drs, Agus Sastrawan Noor, M.Si.

0 komentar: