A. Latar Belakang
Dalam
beberapa tahun belakangan ini perkembangan teknologi informasi sangat cepat,
sehingga perkembangan ini telah mengubah paradigma masyarakat dalam mencari dan
mendapatkan informasi. Masyarakat tidak lagi terbatas pada informasi dari surat
kabar dan majalah, tetapi juga sumber-sumber informasi lainnya yang salah satu
diantaranya melalui media elektronik.
Salah
satu bidang ilmu yang mendapatkan dampak yang cukup berarti dengan perkembangan
teknologi adalah bidang pendidikan, misalnya penerapan e-media dalam
pembelajaran. E-media adalah sarana teknologi informasi untuk mendukung
proses pembelajaran. Disini E-media bukan berarti hanya sekedar meletakkan
materi ajar pada sebuah Compact Disc (CD) tetapi juga skenario
pembelajaran perlu disiapkan dengan matang untuk mengundang keterlibatan peserta
didik secara aktif dan konstruktif dalam proses belajar mereka.
Kombinasi
antara pertemuan secara tatap muka dengan pembelajaran elektronik dapat
meningkatkan kontribusi dan interaksi antar peserta didik. Melalui tatap muka
peserta didik dapat mengenal sesama peserta didik dan guru pendampingnya.
Persiapan yang matang sebelum mengimplementasikan sebuah pembelajaran berbasis
multimedia memegang peran penting demi kelancaran proses pembelajaran. Segala
persiapan seperti penjadwalan sampai dengan penentuan teknis komunikasi selama
proses pembelajaran merupakan tahapan penting dalam melaksanakan pembelajaran
elektronik.
Pembelajaran
dengan media CD Interaktif dapat dilakukan di perguruan tinggi, karena media
konvensional seperti slide/transparan sudah mulai di tinggalkan. E-media CD
Interaktif membuat waktu pembelajaran lebih singkat dan biaya studi lebih
ekonomis. E-learning mempermudah interaksi antara peserta didik dengan
bahan/materi, peserta didik dengan dosen/guru/instruktur maupun sesama peserta didik.
Peserta didik dapat saling berbagi informasi dan dapat mengakses bahan-bahan
belajar setiap saat dan berulang-ulang, dengan kondisi yang demikian itu
peserta didik dapat lebih memantapkan penguasaannya terhadap materi
pembelajaran.
Fisika
Teknik I merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa
program studi Pendidikan Teknik Elektro. Pembelajaran Fisika Teknik masih
menggunakan media berupa transparansi OHP dan slide, serta menggunakan
metode ceramah, tanya jawab, dan praktikum. Survei awal terhadap pelaksanaan
perkulihan fisika teknik menunjukkan bahwa: mahasiswa pasif dan kurang antusias
dalam mengikuti proses pembelajaran, masih banyak mahasiswa yang belum optimum
dalam menyelesaikan tugas, rata-rata hasil belajar mahasiswa dalam Fisika
Teknik I masih rendah. Fisika Teknik I merupakan dasar bagi mahasiswa program
studi Pendidikan Teknik Elektro untuk dapat mengikuti mata kuliah bidang studi
Teknik Elektro. Namun kenyataannya hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah
Fisika Teknik I masih rendah. Kemungkinan penyebab dari rendahnya hasil belajar
mahasiswa tersebut adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang efektif.
Salah satu metode pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar
mahasiswa adalah metode pembelajaran berbasis komputer dengan media CD
interaktif. CD interaktif pembelajaran Fisika Teknik I terdiri dari informasi
dirancang secara sistematis dan terprogram sesuai dengan kurikulum, CD
interaktif ini dipaket ke dalam sebuah CD. Informasi tersebut terdiri dari
materi yang terprogram, simulasi dan animasi, serta kumpulan soal-soal yang dan
pembahasannya yang dibuat attraktif.
Berdasarkan
latar belakang di atas perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh
e-media CD interaktif terhadap hasil belajar mahasiswa dalam kuliah Fisika
Teknik I di Jurusan Teknik Elektro FT UNP.
B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan
latar belakang di atas, dapat diidentifikasi beberapa masalah sebagai berikut :
- Masih banyak mahasiswa yang
pasif dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga hasil belajar yang
diinginkan belum tercapai.
- Masih banyak mahasiswa yang
kurang motivasi belajarnya sehingga belum tercapainya hasil belajar yang
diinginkan.
- Rata-rata hasil belajar
mahasiswa dalam Fisika Teknik I masih rendah.
C. Pembatasan Masalah
Dari
masalah yang sudah diidentifikasi maka perlu membatasi permasalahan pada
penggunaan e-media CD intraktif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. CD
interaktif pembelajaran Fisika Teknik I terdiri atas informasi terprogram yang
dipaket ke dalam sebuah CD. Informasi tersebut terdiri atas materi kuliah yang
terprogram, simulasi dan animasi, serta kumpulan soal-soal dan pembahasannya
yang dibuat sedemikian rupa sehingga pembelajaran menjadi menarik dan bermakna.
D. Rumusan Masalah
E-media
CD interaktif merupakan salah satu media pembelajaran berbasis elektronik.
Pembelajaran dengan media ini dapat dilaksanakan di program studi Pendidikan
Teknik Elektro karena tersedianya fasilitas berupa ruangan komputer sebagai
tempat pembelajaran. Pembelajaran dengan penggunaan CD interaktif lebih menarik
karena adanya media pembelajaran berupa animasi, movie (slide
video), dan suara yang sudah diprogram. Berdasarkan latar belakang dan
identifikasi masalah yang telah dijelaskan di atas dapat dirumuskan masalah
sebagai berikut: Bagaimana pengaruh implementasi e-media CD interaktif terhadap
hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Fisika Teknik I ? Untuk lebih
operasional maka rumusan masalah dirinci menjadi pertanyaan penelitian, sebagai
berikut:
- Bagaimana peningkatan hasil
belajar mahasiswa dalam mata kuliah Fisika Teknik I setelah melaksanakan
pembelajaran dengan e-media CD interaktif?
- Bagaimana perbedaan peningkatan
hasil belajar mahasiswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam mata
kuliah Fisika Teknik I?
- Bagaimana perbedaan hasil
belajar mahasiswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam mata kuliah
Fisika Teknik I?
- Bagaimana tanggapan mahasiswa
terhadap implementasi e-media CD interaktif?
E. Tujuan Penelitian
Tujuan
penelitian adalah untuk mengetahui:
- Peningkatan hasil belajar
mahasiswa dalam mata kuliah Fisika Teknik I setelah melaksanakan
pembelajaran dengan e-media CD interaktif.
- Perbedaan peningkatan hasil
belajar mahasiswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam mata kuliah
Fisika Teknik I.
- Perbedaan hasil belajar mahasiswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam mata kuliah Fisika Teknik I.
0 komentar:
Post a Comment