Sekolah :
SMP ASSALAM PONTIANAK
Kelas :
VIII
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester :
2
SMP :
SMP ASSALAM Pontianak
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Standar Kompetensi : 5.1 Mendeskripsikan
peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya Negara Kesatuan
Republik Indonesia.
Kompetensi Dasar : 6 x 40 Menit ( 3 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran selesai, siswa dapat :
1. Menjelaskan
latar belakang pemerintah Jepang memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia
2. Menjelaskan
latar belakang dibentuknya BPUPKI oleh pemerintah Jepang
3. Menjelaskan
tujuan pembentukan BPUPKI sebagai realisasi janji Jepang
4. Mengidentifikasi
tokoh-tokoh yang terlibat dalam BPUPKI
5. Menjelaskan
hasil sidang-sidang BPUPKI
6. Menjelaskan
latar belakanng pembahan BPUPKI menjadi PPKI
7. Mengidentifikasi
perbedaan antara BPUPKI dengan PPKI
8. Menjelaskan
peranan PPKI dalam persiapan kemerdekaan Indonesia
B. Materi pembelajaran :
1. Peristiwa
sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia.
2. Proses
terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
3.
Dukungan terhadap proklamasi kemerdekaan
Indonesia.
1. Ceramah
bervariasi
2. Diskusi
3. Inquiri
4.
Observasi/pengamatan
1.
Pertemuan 1
a. Pendahuluan
:
- Apersepsi :
guru memeriksa kebersihan kelas dan mengabsen siswa
- Motivasi : Siswa diminta menjelaskan
proses kedatangan bangsa jepang ke Indonesia
b. Kegiatan
inti :
1. Siswa dibagi
menjadi 4 kelompok setiap kelompok 4 orang disebut kelompok asal.
2.
Setiap siswa dalam kelompok asal diberi soal yang
berbeda berdasarkan nomor dibawah ini.
1. Menjelaskan
latar belakang pemerintah Jepang memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia
2.
Menjelaskan latar belakang dibentuknya BIM JPKI
oleh Jepang
3. Menjelaskan tujuan
dibentuknya BPUPKI bagi Jepang
4. Menjelaskan
tujuan dibentuknya BPUPKI bagi bangsa Indonesia
3.
Setiap siswa yang memiliki nomor soal sama
mengelompok ke dalam
kelompok ahli untuk berdiskusi
4. Setelah
selesai berdiskusi kelompok ahli kembali ke kelompok asal
5. Setiap kelompok adal mempresentasikan hasil
diskusinya
c. Penutup:
-
Penilaian : guru memberikan post test
-
Refleksi : Siswa menjelaskan latar belakang Jepang
membentuk BPUPKI
2. Pertemuan 2
a. Pendahuluan
:
-
Apersepsi : guru memeriksa kebersihan kelas dan mengabsen siswa
-
Motivasi: Siswa diminta menyebutkan tokoh BPUPKI yang mereka tahu.
b. Kegiatan
inti
1. Guru
menyampaikan kompetensi yang akan dicapai
2. Guru Memutar
video
c. Penutup
-
Penilaian : Guru memberikan post test
-
Refleksi: Siswa menjelaskan
secara singkat tentang peristiwa yang
terjadi sekitar BPUPKI
3.
Pertemuan 3
a. Pendahuluan
-
Apersepsi : Guni memeriksa kebersihan kelas dan
mengabsen siswa
-
Motivasi : Siswa diminta menyebutkan arti dari
PPKI
d. Kegiatan
Inti
1. Guru
menginformasikan tentang pembentukan PPKI
2. Siswa dibagi
dalam 4 kelompok
3. Kelompok I,
II membahas latar belakang terbentuknya PPKI, kelompok III, IV membahas peranan PPKI dalam persiapan kemerdekaan
4. Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain menanggapi
5. Guru
menyimpulkan hasil diskusi
e. Penutup
-
Penilaian : Guru memberikan post test
-
Refleksi: Siswa mengungkapkan kesan pentingnya PPKI dalam persiapan
kemerdekaan Indonesia
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1.
Buku IPS yang relevan
2.
Interactive video
3.
Buku 30 tahun Indonesia Merdeka
F. Penilaian
- Teknik penilaian : tes tertulis, tes lisan, kuis
- Bentuk instrument : uraian pilihan ganda
Pontianak,
17 Juli 2010
Mengetahui,
Kepala SMP As Salam Pontianak Guru
Mata Pelajaran IPS
( Drs. Kamas. K ) (
Lia Suhaida, S.Pd )
0 komentar:
Post a Comment