Sekolah                        : SMP ASSALAM PONTIANAK
Kelas                            : VIII
Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester                       : 2



SMP                         : SMP ASSALAM Pontianak
Mata Pelajaran         : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Standar Kompetensi  : 5.1 Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Kompetensi Dasar     : 6 x 40 Menit ( 3 x pertemuan )

A.  Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran selesai, siswa dapat :
1.    Menjelaskan latar belakang pemerintah Jepang memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia
2.    Menjelaskan latar belakang dibentuknya BPUPKI oleh pemerintah Jepang
3.    Menjelaskan tujuan pembentukan BPUPKI sebagai realisasi janji Jepang
4.    Mengidentifikasi tokoh-tokoh yang terlibat dalam BPUPKI
5.    Menjelaskan hasil sidang-sidang BPUPKI
6.    Menjelaskan latar belakanng pembahan BPUPKI menjadi PPKI
7.    Mengidentifikasi perbedaan antara BPUPKI dengan PPKI
8.    Menjelaskan peranan PPKI dalam persiapan kemerdekaan Indonesia

B. Materi pembelajaran :
1.      Peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia.
2.       Proses terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
3.      Dukungan terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia.
C. Metode Pembelajaran :
1.  Ceramah bervariasi
2.   Diskusi
3.   Inquiri
4.   Observasi/pengamatan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
a.  Pendahuluan :
-  Apersepsi : guru memeriksa kebersihan kelas dan mengabsen siswa
-   Motivasi      : Siswa diminta menjelaskan proses kedatangan bangsa jepang ke Indonesia
b.  Kegiatan inti :
1.    Siswa dibagi menjadi 4 kelompok setiap kelompok 4 orang disebut kelompok asal.
2.    Setiap siswa dalam kelompok asal diberi soal yang berbeda berdasarkan nomor dibawah ini.
1.    Menjelaskan latar belakang pemerintah Jepang memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia
2.    Menjelaskan latar belakang dibentuknya BIM JPKI oleh Jepang
3.    Menjelaskan tujuan dibentuknya BPUPKI bagi Jepang
4.    Menjelaskan tujuan dibentuknya BPUPKI bagi bangsa Indonesia
3.    Setiap siswa yang memiliki nomor soal sama mengelompok ke dalam kelompok ahli untuk berdiskusi
4.  Setelah selesai berdiskusi kelompok ahli kembali ke kelompok asal
5. Setiap kelompok adal mempresentasikan hasil diskusinya

c. Penutup:
-    Penilaian : guru memberikan post test
-      Refleksi : Siswa menjelaskan latar belakang Jepang membentuk BPUPKI

2. Pertemuan 2
a.  Pendahuluan :
-   Apersepsi : guru memeriksa kebersihan kelas dan mengabsen siswa
-   Motivasi: Siswa diminta menyebutkan tokoh BPUPKI yang mereka tahu.
b.  Kegiatan inti
1.   Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai
2.   Guru Memutar video
c.  Penutup
-   Penilaian : Guru memberikan post test
-   Refleksi: Siswa menjelaskan secara singkat tentang peristiwa yang  terjadi sekitar BPUPKI

3. Pertemuan 3
a.  Pendahuluan
-   Apersepsi : Guni memeriksa kebersihan kelas dan mengabsen siswa
-   Motivasi : Siswa diminta menyebutkan arti dari PPKI
d.  Kegiatan Inti
1.     Guru menginformasikan tentang pembentukan PPKI
2.     Siswa dibagi dalam 4 kelompok
3.     Kelompok I, II membahas latar belakang terbentuknya PPKI, kelompok III, IV membahas peranan PPKI dalam persiapan kemerdekaan
4.     Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain menanggapi
5.     Guru menyimpulkan hasil diskusi
e.  Penutup
-   Penilaian : Guru memberikan post test
-   Refleksi: Siswa mengungkapkan kesan pentingnya PPKI dalam persiapan kemerdekaan Indonesia

E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku IPS yang relevan
2. Interactive video
3. Buku 30 tahun Indonesia Merdeka

F. Penilaian
- Teknik penilaian        : tes tertulis, tes lisan, kuis
- Bentuk instrument    : uraian pilihan ganda

                                                                                                                               
                                                                                                             Pontianak, 17 Juli 2010
                          Mengetahui,
         Kepala SMP As Salam Pontianak                                             Guru Mata Pelajaran IPS






                      ( Drs. Kamas. K )                                                             ( Lia Suhaida, S.Pd )

0 komentar: